Senin, 13 Januari 2014

DROPBOX ( MEDIA PRAKTIS)


 Dropbox ?

Mungkin masih banyak teman- teman yang belum begitu mengerti tentang Dropbox. Ini adalah sebuah layanan cloud yang memberi akses kepada kita untuk menyimpan gambar, dokumen, musik, video, dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau device lainnya yang sama – sama memakai aplikasi ini.
Sistem kerjanya begini, dengan dropbox kita bisa menyimpan file yang sudah kita buat sebelumnya tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Jadi setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget kita yang memakai dropbox juga. Syarat pertama untuk memulainya anda harus memiliki akun terlebih dahulu.
        Jika sudah mendaftar silahkan download aplikasinya.
Jika sudah mendaftar dan download aplikasi tersebut, berikut saya jelaskan bagaimana cara menginstalnya di komputer Anda :
1. Klik 2x pada aplikasi dropbox yang sudah Anda download tadi.
2. Pilih bagian “I already have Dropbox account“, karena kita sudah mendaftar itu sebelumnya.
Apa Itu Dropbox dan Bagaimana Cara Menggunakannya
3. Login dengan akun yang Anda buat sebelumnya.
4. Install seperti Anda menginstall program biasanya, simpan di C:, atau pilih “Typical, setup dropbox with normal setting“.
Apa Itu Dropbox dan Bagaimana Cara Menggunakannya
5. Instalasi Selesai.
Apa Itu Dropbox dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Cara menggunakan Dropbox :

Setelah berhasil menginstall, kita bisa menambahkan folder dan berbagi dengan teman Anda tanpa harus melakukan cara yang rumit. Kita hanya perlu invite email/ username teman ke folder kita, lalu file yang kita simpan di folder tersebut akan otomatis ada di komputer teman Anda. Dengan syarat teman anda memakainya dan Koneksi dengan Internet.
Untuk berbagi folder caranya, login ke website Dropbox. Lalu anda buat sebuah folder di sana, maka folder akan otomatis ada di komputer Anda yang memakainya juga. Klik kanan folder itu maka akan ada beberapa pilihan, pilih Shared folder options. Masukan email teman Anda dan begitu teman anda menyetujuinya maka Anda sudah tersinkronisasi dengan teman Anda.
Lalu bagaimana caranya untuk berbagi file tanpa harus share folder, seperti mediafire lah? hebatnya Dropbox bisa melakukan itu tanpa kita harus login ke website, men-upload, dan dan meng-copy link. Dan orang yang men-download pun bisa mendownload-nya secara langsung (direct). Caranya, kita tinggal letakkan file kita di folder Public. Lalu kita klik kanan file yang simpan dan pilih Dropbox > Copy public link.
Dengan menyimpan file kita di Dropbox, kita tidak perlu khawatir lagi jika hardisk kita tiba-tiba rusak. Dropbox menjamin bahwa file yang disimpan di sana akan tetap aman. Yang paling hebat, terdapat fasilitas undo untuk mengatasi bila mana file yang Anda simpan tidak sengaja terhapus.

spesial thanks to : http://www.aguskristianto.com/apa-itu-dropbox-dan-bagaimana-cara-menggunakannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar